Makan Sehat, Kocek Pas-pasan?

Ibarat ‘jatah’ dari orang tua yang ditransfer ke tabungan kita yang sekarat di akhir bulan, makan akan memulihkan kondisi tubuh yang lapar dan lelah setelah beraktivitas.  Maka dari itu, tak peduli betapa sibuknya kita kuliah, berorganisasi, nongkrong dengan teman, mengerjakan tugas, kita tidak boleh lupa makan.  Jangan tunggu sampai sakit maag jadi tamu tak diundang yang rutin datang saban kali kita malas makan.  Mahasiswa yang aktif seperti kita harus tetap sehat!

 Apa?  Kamu tinggal di kost dan lebih suka makan makanan instan?  Uang untuk makan terbatas dan kamu tidak bisa memasak?  Padatnya kegiatan membuat kamu lebih sering makan junk food?  Tenang saja, dalam artikel yang dikutip MetroTVnews.com dari Surviving College ini, kamu akan menemukan solusi untuk makan sehat sekaligus hemat

1. Selalu sedia makanan sehat di kamar

Salah satu masalah utama bagi mahasiswa yang hidup mandiri di kost adalah tidak memiliki kamanan saat jam makan tiba.  Oleh karena itu, baiknya kamu mulai membuat daftar makanan sehat yang harus kamu miliki di rumah/kamar kost.  Jika kamu hobi bereksperimen di dapur, kamu bisa menyimpan bahan makanan untuk di masak di kulkas.  Misalnya telur, sayur mayur, hingga daging sapi ataupun ayam.  Namun kalau kamu lebih suka yang siap santap, pastikan roti, susu, dan buah-buahan ada di kamar.  Dengan demikian, saat waktu sarapan tiba, kamu tidak perlu bingung mencari makanan lagi.

Hindari menimbun makanan instan.  Sebab sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan instan dalam jangka panjang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.  Selain itu, jika menyimpan bahan makanan jangan terlau lama.  Makanan yang tidak segar, justru tidak baik untuk diolah dan dimakan.

2. Rencanakan menu

Setelah mengisi stok makanan untuk satu pecan, pikirkan jadwal makanan harian dan siapkan makananmu lebih awal.  Jika kamu menghindari makanan restoran dan junk food, siapkan makan siangmu sebagai bekal.  Ketika tiba waktu makan malam, masaklah makanan yang mudah dan enak.  Banyak lho, resep makanan-makanan sederhana yang bisa kamu dapatkan di internet.

 3.  Manfaatkan yang kamu miliki

Ketika bahan makanan mulai menipis namun kamu malas berbelanja, berarti saatnya mengasah kreativitas kamu dalam memasak.  Manfaatkan bahan-bahan makanan yang masih ada untuk membuat makan siang atau malam kamu.  Cara ini akan membuatmu tetap mengonsumsi makanan sehat dan tetap hemat, sebab kamu tidak perlu membeli makanan di luar.

Nah, semoga berbagai tips di atas bermanfaat bagi kita untuk tetap makan makanan sehat dengan tetap hemat!  Selamat mencoba.

(VLA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s