‘A9AMA SAYA ADALAH JURNALISME

Sinopsis

Sejak Indonesia mengganti Hindia Belanda, media makin terpusat ke Jawa. Rezim Soekarno menutup semua media yang dianggap berpihak Belanda. Nama baru diciptakan: pers perjuangan. Soeharto menciptakan istilah baru: pers pembangunan. Wujudnya berupa konglomerat media.

Kini batas jurnalisme tumpang tindih dengan propaganda, hiburan, iklan, dan seni. Bias para wartawan, entah dengan negara, kebangsaan, agama maupun etnik, jadi biasa. Antologi ini mengumpulkan bermacam diskusi soal jurnalisme sejak jatuhnya Soeharto pada 1998.

Angka 9 dalam judul buku ini malambangkan 9 Elemen Jurnalisme yang menjadi pedoman bagi wartawan yang dibahas oleh Bill Kovach dan rekannya (cari namanya). Dalam buku ini, Andreas Harsono, dengan pengalamannya di dunia jurnalisme sebagai wartawan beberapa media lokal maupun internasional, membahas 9 elemen Jurnalisme tersebut, serta membahas perkembangan media massa Tanah Air, tidak hanya dalam bidang profesi namun  juga dalam bidang akademik. Juga, hampir semua pertanyaan yang mungkin seorang jurnalis pertanyakan, dapat terjawab dalam buku ini.

Buku ini tidak hanya berguna bagi mereka yang bergelut di dunia jurnalisme, tapi juga bagi masyarakat sebagai peminat media massa.

(DSC)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s