Acara Puncak CommCreation 2013

Acara puncak dari CommCreation 2013 besutan HMILKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie) berhasil digelar pada Sabtu, 13 April lalu. Dimulai dengan CommAction yaitu tiga seminar yang diselenggarakan secara bersamaan sebagai representasi dari tiga peminatan yang ada dalam program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu: Komunikasi Media Massa dan jurnalistik, Komunikasi Pemasaran atau Marketing Communication, dan Komunikasi Pemasaran atau Public Relations. Ketiganya serentak dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB bertempat di ruang 4,5, dan 6 Universitas Bakrie dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja Gustav Aulia (News Presenter RCTI), Lembu Wiworojati (Fortune PR), dan Avianto Nugroho (Media Tree Agency).

IMG_5000

Gustav Aulia sedang mempraktekan langsung bagaimana cara mengolah vokal dalam CommAction (13/4) (Dok. MeclubOnline)

Masih sejalan dengan tema besar yang diusung CommCreation 2013 yaitu “No Limit to Communicate”, dengan hanya membeli tiket seharga 40 ribu, CommAction berusaha mengajak para peserta yang hadir untuk lebih mendalami Ilmu Komunikasi secara interaktif.  Benar saja, di ruang jurnalistik Gustav Aulia dengan tema seminar “How to be A Professional News Presenter” memberi kesempatan bagi peserta untuk langsung mempraktekan ilmu yang ia bagi. Mulai dari bagaimana postur yang baik,  melakukan olah vokal, hingga mempersilahkan peserta untuk “menjajal” live report dan membaca naskah layaknya presenter kondang.

IMG_5043

Para peserta tidak menyiakan kesempatan untuk bisa membaca naskah presenter hard news maupun soft news di depan Gustav Aulia (Dok. MeclubOnline)

Keseruan interaksi serupa juga terjadi di ruang seminar marketing communication. Lembu Wiworojati yang juga pernah menjadi vokalis Clubeighties, mencoba “menggelitik” kretivitas peserta melalui seminar “Stand Out With Catchy Poster”. “Kreativitas adalah milik semua dapat dikembangkan oleh siapa saja,” tutur Lembu. Beragam poster ciamik yang telah mendapatkan banyak penghargaan ia kupas untuk menambah wawasan peserta mengenai dunia marketing communication.

IMG_5019

Lembu Wiworojati tengah mengupas pentingnya memperhatikan detail dalam membuat poster yang catchy (Dok. MeclubOnline)

Suasana yang agak berbeda ada pada ruang seminar public relations karena didominasi oleh peserta wanita yang juga banyak berasal dari Universitas Al-Azhar maupun London School of Public Relations. Pembahasan materi seminar juga berlangsung seru dengan tema “How to make your “You” to make you “Something”  yang dibawakan oleh Avianto Nugroho. Avianto, membagi beragam tips personal branding yang sangat bermanfaat untuk peserta, bukan hanya sekadar bahasan di dunia PR secara profesional namun juga membahasnya dalam lingkup personal. Jadi jangan heran kalau pertanyaan peserta justru banyak yang seakan “curhat”.

IMG_5026

Avianto Nugroho dari Media Tree Agency tampak serius mendengar “curhat” para peserta seputar personal branding (Dok. MeclubOnline)

IMG_5085

Setiap pembicara mendapatkan cinderamata karikatur foto diri persembahan dari panitia CommCreation 2013 (Dok.MeclubOnline)

Puas mendapat wawasan yang lebih dalam mengenai dunia komunikasi, panitia menyediakan kejutan bagi peserta CommAction dengan penampilan memukau dari shuffle dancer MoonRunners yang asik ber-shuffle ria di selasar depan ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie. Eits, ternyata itu hanyalah satu dari sekian banyak hiburan yang dikemas dalam art performances dalam acara puncak CommCretion 2013.

IMG_5111

Setelah waktu Ishoma bagi para peserta telah habis, beragam art performances kembali dilanjutkan di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie yang dipandu oleh Megumi dan Fachry Arnoldi. Mulai dari Tari Pendet persembahan Tari Tradisional UB, Tari Piring dari RMM (Rang Mudo Minang), Band Batuk Berdahak, CV Cipta Guna,  Lekas Sembuh, Beat Maker, dan aksi teatrikal berjudul “Sepasang Kalekasih yang Bercinta di Luar Angkasa” persembahan Teater Bakrie (TEBAK).

2

Aksi teatrikal dari TEBAK atau Teater Universitas Bakrie mampu memukau penonton (Dok. CommCreation 2013)

Disela suguhan art performances panitia juga mengumumkan pemenang dari CommActive yang telah dilangsungkan satu hari sebelumnya (12/4).  Dimana predikat juara umum berhasil disabet oleh teman-teman dari SMAN 70 Jakarta. Selamat!🙂

1

Prosesi penyerahan hadiah bagi Juara Umum CommActive; SMAN 70 Jakarta (Dok. CommCreation 2013)

Atmosfir meriah dalam acara puncak CommCreation semakin klimaks dengan talkshow sekaligus penampilan dari sang Special Guest Star; Payung Teduh yang berhasil membuat galau seisi ruangan dengan lagu penutup berjudul “resah”. 

3

Momen yang telah ditunggu-tunggu oleh peserta untuk menyaksikan talkshow bersama Payung Teduh! (Dok. CommCreation 2013)

4

Seluruh personil Payung Teduh 2013 berfoto di depan “Wall Of Fame” usai memberikan performa terbaiknya di atas panggung (Dok. CommCreation 2013)

 

Artikel Terkait:

Aktif Bersama CommActive 2013

Road to ComCreation

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s