Yuk, Eksplorasi Medan dalam 24 Jam!

Ibukota Sumatera Utara, Medan merupakan salah satu kota yang wajib anda kunjungi jika memiliki dana dan waktu lebih. Selain menawarkan wisata bersejarah, Medan juga menawarkan berbagai kuliner khas yang enak dan terjangkau. Menghabiskan waktu sekitar 24 jam di Kota Medan pun terbilang cukup, karena lokasi wisatanya yang dekat antara satu sama lain dan akses transportasinya mudah, karena adanya becak motor (bentor) yang siap mengantar Sobat MeClub ke lokasi-lokasi wisata. Berikut beberapa tempat yang wajib dikunjungi jika Sobat MeClub berkunjung ke Kota Medan:

  • Istana Maimoon
Image

Interior Istana Maimoon yang megah (Foto: Via)

Berlokasi sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Polonia, Istana Maimoon merupakan landmark Kota Medan yang wajid dikunjungi. Dengan membayar iuran sukarela, Sobat MeClub dapat menikmati desain arsitektural Kerajaan Deli yang sudah berusia 125 tahun. Percampuran antara Melayu, Eropa, dan Persia sangat apik tertata dalam interior dan eksterior bangunan. Di

Di Istana Maimoon ini, Sobat MeClub juga bisa melihat singasana Raja Deli dan berbagai memorabilia peninggalan Kerajaan Deli. Keluarga Kerajaan Deli pun masih menempati kompleks Istana Maimoon ini. Sayangnya saat ini Istana Maimoon seperti kurang mendapat perhatian dari pemerintah kota setempat karena bangunannya yang sudah tidak terurus.

  • Rumah Tjong A Fie
Image

Salah satu sudut ruang tamu di Rumah Tjong A Fie (Foto: Via)

Tjong A Fie merupakan salah satu saudagar Tiongkok yang tinggal di Medan dan meninggalkan rumah bersejarah. Arsitektural rumah Tjong A Fie sangat indah, percampuran antara gaya Melayu, Cina, Eropa, dan art-deco. Masuk ke dalamnya, Sobat MeClub serasa sedang bertamu ke rumah seorang saudagar kaya, karena setiap sudut di Rumah Tjong A Fie ini masih terawat dengan baik.

Sobat MeClub bisa mengeksplorasi setiap sudut di rumah ini, mulai dari ruang tamu, kamar tidur utama, ruang makan, dapur, hingga lantai 2 yang beralih fungsi menjadi galeri foto. Dengan merogoh kocek sebesar Rp 35.000,- rasanya tidak rugi sama sekali karena indahnya interior di Rumah Tjong A Fie ini.

  • Masjid Raya Medan
Image

Kokoh berdiri di pusat kota Medan (Foto: Via)

Masjid Raya Medan berlokasi tepat di pusat kota Medan dan tak jauh dari Istana Maimoon. Kemegahan Masjid Raya Medan ini menjadi kebanggan warga Medan karena arsitekturalnya yang indah dengan gaya Timur Tengah, India, dan Spanyol. Masjid berusia 107 tahun ini yang diwariskan dari Sultan Deli ini masih terawat dengan baik. Suasana syahdu nan islami pun sangat terasa disini, wisatawan yang ingin masuk diwajibkan memakai busana sopan dan menggunakan kerudung. Jadi, jangan lupa jika Sobat MeClub ingin berkunjung ke Masjid Raya Medan, gunakan busana yang sopan ya!

  • Restoran Tip Top
Image

Berbagai jenis es krim yang menggugah selera (Foto: Via)

Tepat berlokasi di depan Rumah Tjong A Fie, Restoran Tip Top merupakan salah satu restoran yang terkenal di Kota Medan. Makanan yang ditawarkan bervariasi mulai dari khas Barat, Oriental, dan Indonesia dengan citarasa yang menggugah selera. Tak hanya makanan, Tip Top juga menawarkan berbagai jenis es krim homemade yang murah dan tentunya lezat.

Interior Tip Top juga masih kental dengan nuansa Eropa, lengkap dengan pelayan yang menggunakan baju ala Tuan Tanah Belanda, yaitu baju putih lengan panjang dan celana putih panjang, lengkap dengan topinya!

  • Bolu Meranti
Image

Bolu gulung keju yang menjadi favorit (Foto: hesmacuisinealso.blogspot.com)

Untuk urusan oleh-oleh, Bolu Meranti memang sudah sangat terkenal sekali sebagai buah tangan khas Kota Medan. Berbagai macam jenis bolu gulung ditawarkan disini, mulai dari rasa keju, moka, coklat, dan pandan. Keju merupakan jenis bolu yang paling favorit karena keju yang ditaburkan diatas bolu tidak main-main dan membuat rasa bolu semakin lezat. Harga yang dipatok pun sangat sesuai dengan rasa dan porsi bolu yang besar. Namun, hati-hati dengan berbagai merk yang mirip dengan Bolu Meranti, namun dengan rasa yang tentu berbeda.

Tempat-tempat wisata di Medan memang masih sangat kental dengan suasana kolonial, serasa membawa kita ke jaman dulu. Dengan menggunakan becak motor (bentor), kita dapat mengelilingi Kota Medan tersebut dalam waktu yang singkat saja, yakni kurang dari 24 jam karena letak lokasi wisatanya yang berdekatan. Selamat mengeksplorasi Medan!

(VIA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s