Ada Apa dengan Tulisan?

images

Sadar atau tidak, ternyata selama kuliah di Universitas Bakrie sering kali kita dicekoki tugas-tugas yang mengharuskan kita menguras otak untuk menjabarkan pemikiran kita ke selembar atau bahkan berlembar-lembar kertas. Kalau diingat-ingat lagi mungkin bisa buat bulu kuduk kita merinding mengingat sudah berapa ratus lembar tulisan yang kita buat. Tapi taukah kamu kalau jerih payah kita selama mengerjakan tugas-tugas tersebut tidak sia-sia. Kenapa? Berikut terdapat beberapa alasan mengapa kemampuan menulis itu penting dan mungkin akan membuat kamu bersyukur telah dengan besar hati menjalani tugas-tugas menulis itu.

  1. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Western Carolina University terhadap 120 perusahaan, satu per tiga dari seluruh karyawan mengecewakan dalam kemampuannya menulis. Can you imagine? Di Amerika yang kurikulumnya sangat mendorong para siswa untuk dapat menulis aja masih punya 1,3 juta orang yang tidak memiliki kualifikasi kemampuan menulis. Bagaimana dengan Indonesia ya?
  2. Menulis adalah salah satu alat ukur terhadap kemampuan kita baik di pekerjaan, lingkungan akademis, dan juga komunitas.
  3. Setengah dari perusahaan yang disurvey menyatakan bahwa mereka mempertimbangkan kemampuan menulis seseorang ketika menerima dan mempromosikan karyawan.
  4. Menulis membantu kita memahami bagaimana kebenaran terbentuk dalam satu situasi tertentu
  5. Menulis merupakan kemampuan yang sangat penting dalam bekerja.

Belum cukup dengan lima alasan tersebut? Sebenarnya pasti banyak pengalaman-pengalaman yang secara tidak langsung menunjukan pada kita bagaimana pentingnya menulis. Sejak saya sedang dalam masa-masa kegalauan menuju proses kehidupan selanjutnya yaitu bekerja jadi akan sering saya menyampaikan hal-hal yang menurut saya penting untuk dipertimbangkan rekan-rekan sejawat. Jadi, ada baiknya mulai sekarang kita belajar lebih giat membuat tulisan yang berbobot (semoga tulisan ini dianggap berbobot). Selamat mencoba!

(GA)

Sumber:

http://www.marquette.edu/wac/WhatMakesWritingSoImportant.shtml

http://www.wcu.edu/academics/campus-academic-resources/writing-center/employees-lack-writing-skills-in-the-workplace.asp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s